Senin, 10 Juni 2013

MID II

PENGANTAR ILMU ADMINISTRASI


JUDUL:  SISTEM ADMINISTRASI INDOMARET
NAMA :   FREVY GREDSYELY
NIM      :   061230601230





BAB I
PENDAHULUAN

1.1   LATAR BELAKANG
                               Maraknya dunia bisnis saat ini mengakibatkan banyaknya persaingan di jaman era globalisasi ini, seperti contoh maraknnya usaha mini market yang saat ini naik daun dikalangan masyarakat.  Contoh yang paling anyar di telinga masyarakat adalah salah satunya Mini Markert Indomaret. Indomaret merupakan perusahaan yang menyediakan berbagai macam produk untuk kebutuhan konsumen dalam berbagai jenis.  Di Era globalisasi telah mengakibatkan meningkatnya standar pelayanan yang berpengaruh juga terhadap meningkatnya ekspetasi konsumen, sehingga persaingan perusahaan yang adapun semakin ketat. Dimana perusahaan mini market berlomba-lomba memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan dan juga memberikan nilai tambah pada produk agar menarik para konsumen.
Selain itu memperhatikan selain pada produk pejualan, hal yang lebih utama yang harus diperhatikan oleh instansi perusahaan ialah Sistem Manajemen atau Administrasi dari perusahaan tersebut. Hal ini dikarnakan jika suatu sistem yang baik pada suatu perusahaan maka akan berdampak baik pula pada Kinerja dari para karyawan dan dapat meningkatkan dari standar pelayanan yang diberikan. Hal ini akan berdampak sangat baik untuk system pelayanan yang ddapat meningkatkan penjualan tidak hanya itu suatu system administrasi yang baik dapat memberikan dampak yang positif pada perkembangan bagi suatu perusahaan tersebut.
1.2  TUJUAN PENULISAN
Sesuai dengan yang telah di jabarkan pada latar belakang penulisan bahwasannya didalam penulisan ini bertujuan untuk mengetahui dari suatu system administrasi yang digunakan oleh perusahaaan dalam menjalankan suatu usaha dalam skala besar guna meningkatkan kinerja dari suatu karyawan yang mampu meningkatkan keuntungan bagi suatu perusahaan.

BAB II
TEORI-TEORI
Administrasi pada intinya melingkupi seluruh kegiatan dari pengaturan hingga pengurusan sekolompok orang yang memiliki diferensiasi pekerjaan untuk mencapai tujuan bersama.Berikut merupakan pengertian maupun ruang lingkup dari suatu system administrasi
1.DEFINISI ADMINISTRASI
Administrasi secara sempit didefinisikan sebagai penyusunan dan pencatatan data dan informasi secara sistematis baik internal maupun eksternal dengan maksud menyediakan keterangan serta memudahkan utuk memperleh kembali baik sebagian maupun menyeluruh, atau dikenal dengan istilah Tata Usaha.
Dan administrasi itu sendiri berfungsi menyangkut manajemen dan pengarahan semua tahap operasi perusahaan mengenai pengolahan bahan keterangan, komunikasi dan ingatan organisasi.
2.STRUKTUR ORGANISASI
Struktur organisasi adalah susunan organisasi yang terdapat dalam sebuah perusahaan yang didasari adanya pengembangan produk dan riset-riset usaha sehongga komponenna menjadi lebih luas. Yang memiliki fungsinya masing-masing pada setiap jabatannya.
Dan  didalam suatu system administrasi adanya unsure-unsur yang terdapat dalam perusahaaan tersebut antara lain:
1.      Organisasi  merupakan suatu kegiatan dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan yang sama dalam suatu usaha yang sama.
2.      Manajemen adalah kegiataan penataan yang berupa penggerak orang-orang dan pengarahan fasilitas kerja agar tujuan kerjasama berar-benar dicapai.
3.      Komunikasi ialah kegiatan penataan yang berupa penyampaian warta dari seseorang kepada pihak lain dalam kerjasama dalm mencapai tujuan tertentu
4.      Kepegawaian iala rangkaian kegiatan yang brupa penghimpunan pencatatan pengolahan pengandaan hingga pemusnahan informasi dan memelihari potensi yang ada pada manusia tersebut.
5.      Perbekalan
Adalah kegiatan mengadakan, mendayagunakan, dan memlihara sarana dan prasarana serta menyingkirkan sarana dan prasarana yang sudah tidak layak lagi digunakan
.
6.      Keuangan
Adalah proses yang berkenaan denganÜ pengadaan, pengalokasian, penggunaan dan pertanggungjawaban tentang uang.
7.      Ketatausahaan
Adalah proses menghimpun, mencatat, mengolah, mengirim dan menyimpan bahan – bahan informasi.
8.      Hubungan Masyarakat
Adalah proses kegiatan mengadakan dan memelihara hubungan,Ü baik dengan hubungan internal maupun hubungan eksternal.
3.SISTEM KERJA PERUSAHAAN
Dan dalam menjalankan usahanya Indomaret mengggunakan system kerja sama atu jenis kerja sama waralaba.
 Sistem Waralaba yaitu suatu hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan. Sedangkan menurut versi pemerintah Indonesia, yang dimaksud dengan waralaba adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.
4. TUJUAN PERUSAHAAN
Tujuan ialah suatu pencapaian yang diinginkan oleh suatu perusahaan dalam mencapai yang ingin dituju.
5.MOTIF PERUSAHAAN
Motif merupakan suatu alasan suatu orang atau perusahaaan untuk melakukan sesuatu baik untuk mencari keuntungan ataupun sosial.
6. PROSES KERJA
Proses yaitu prosedur kerja perusahaan dalam mengelola permintaan bisnis.
7.. STATUS KARYAWAN
Karyawan ialah orang yang bekerja pada  suatu lembaga (perusahaan,kontor,dsb) engan mendapat gaji ( upah). Jenis-jenis karyawan itu sendiri ada 4 yaitu:
1.      Karyawan  lepas yaitu orang yang bekerja berdasarkan kontrak kerja dalam waktu tertentu
2.      Manajerial yaitu orang yang berhak memerintah bawahannya untuk mengerjakan sebagian pekerjaannya dan dikerjakan sesuai dengan perintah
3.      Operasional yaitu orang yang secara langsung harus mengerjakan sendiri pekerjaannya ssuai dengan perintah atasan
4.      Karyawan tetap yaitu orang yang bekerja pada suatu badan perusahaan secara tetap berdasarkan surat keputusan





BAB III
PEMBAHASAN

3.1.SEJARAH  SINGKAT PERUSAHAAN ( INDOMARET)
Berawal dari pemikiran untuk mempermudah penyediaan kebutuhan pokok sehari-hari, maka pada tahun 1988 didirika sebuah gerai yang diberi nama Indomaret. Sejalan pengembangan operasional toko, perusahaan tertarik untuk lebih mendalami dan memahami berbagai kebutuhan dan perilaku konsumendalam berbelanja. Guna mengakomodai tujuan tersebut, beberapa orang karyawan  ditugaskan ntuk mengamati dan meneliti perilaku belanja masyarakat. Kesimpulan yang didapat adalah bahwa masyarakat memilih belanja di gerai modern beralasan kelengkapan pilihan produk yang berkualitas, harga yang pasti dan bersaing,serta suasana yang nyaman.
Pada mulanya Indomaret membentuk konsep penyelenggaraan gerai yang berlokasi di dekat unian konsumen, menyediakan berbagai kebutuhan pokok maupun kebutuhan sehari-hari, melayani masyarakat umum yang sersifat majemuk serta memiliki luas toko sekitar 200 m².
Seiring dengan perjalanan waktu dan kebutuhan pasar, indomaret terus menambah gerai di berbagai kawasan perumahan, perkantoran,niaga, wisata dan apartemen. Dalam hal ini terjadilah proses pembelajaran untuk pengoperasian suatu jaringan retail yang berskala besar, lengkap dengan berbagai pengalaman yang kompleks dan bervariasi.
Saat ini Indomaret berkembang sanagat pesat dengan jumlah gerai mencapai lebih dari 7.719 di wilayah Jawa, Madura, Bali dan Sulawesi yang terdiri dari 40% gerai milik terwaralaba dan 60% gerai milik perusahaan. Sebagian besak pasokan barang dagangan untuk seluruh gerai berasal dari 17 pusat distribusi Indomaret  yang menyediakan lebih dai 4.800 jenis produk. Dan kini  keberadaan Indomaret makin diperkuat dengan kehadiran Indogrosir anak perusahaan dengan konsep bisnis Pusat Perkulakan.
3.2. STRUKTUR ORGANISASI
Bagi  perusahaan  besar  maupun  kecil  tidak  dapat  dipisahkan  dari  struktur  organisasi  perusahaan,  yang  merupakan  suatu  kerangka  kerja  bagi  semua  individu  dalam  organisasi  untuk  mencapai  tujuan  sehingga  segala  macam  pengorbanan  yang  terjadi  dalam  usaha  mencapai  tujuan  tersebut  dapat  diatur  sedemikian  rupa  sehingga  pengorbanan  yang  dilakukan  dapat  seminimal  mungkin.
Tujuan  struktur  organisasi  adalah  untuk  menciptakan  koordinasi,  komunikasi,  dan  kerja  sama  yang  baik  di  antara  pelaksanaan  organisasi,  agar  dapat  menunjang  dan  mencapai  tujuan  perusahaan.  Untuk  mencapai  tujuan  perusahaan  tersebut,  dalam  struktur  organisasi  perlu  dijelaskan  pembagian  tugas,  penetapan  batas  wewenang  dan  tanggung  jawab  yang  jelas  di  antara  pelaksana.   
Organization Chart 
Gambar 1.Bagan Struktur Organisasi PT Indomaret


3.2.1. Deskripsi  Jabatan
Struktur  organisasi  berbentuk  lini.  Untuk  memberikan  gambaran  yang  jelas,  berikut  ini  penjelasan  mengenai  tanggung  jawab  dan  uraian  tugas  dari  masing-masing  bagian  yang  terlibat  dalam  aktivitas  harian :
1.  Area  Manager
Bekerja  dengan  divisi-divisi  yang  dibawahnya  untuk  menyusun  agaran  keuangan  perusahaan  cabang. Mengawasi  dan  mengevaluasi  pelaksanaan  kerja serta  anggaran  keuangan  yang  telah  ditetapkan
1.      Werhouse  supervisor
Menyediakan  atau  memesan  barang  untuk  keperluan  toko  untuk  jangka  pendek  maupun  jangka  panjang  sehingga  keberadaan  barang  di  rak  pajangan  tetap  tersedia  dan  terjaga  rapi.
3.  Supervisor
Bertanggung  jawab  atas  ketersediaan  dan  kelengkapan  barang  dagangan. Mengatur  komposisi  personal  yang  menjadi  tanggung  jawabnya
4.  Pelaksana  gudang
Bertanggung  jawab  atas  kelengkapan  dan  keamanan  barang-barang  yang  ada  di  gudang.
Memberikan  laporan-laporan  secara  berkala  atau  periode  mengenai  penerimaan,  pengeluaran  dan  persediaan  barang-barang  di  bawah  pengawasan  kepala  bagian  supervisor.
5.  Staf  Reciving  Goods
Bertanggung  jawab  langsung  kepada  werahouse  supervisor. Bertanggung  jawab  atas  segala  sesuatu  yang  timbul  dalam  bagiannya.


6.  Chief  Finance  dan  Accounting
Mempertangung  jawabkannya  pada  Store  Manager. Mengkoordinasi,  mengawasi,  dan  menevaluasi  pekerjaan  bawahannya. Serta mengatur  dan  menyelesaikan  masalah-masalah  yang  berhubungan  dengan  perbankan,  perpajakan  dan  penagihan  dari  pihak-pihak  ketiga.
7.  Chief  HRD  dan  General  Affairs
Mempertanggung jawabkan  kepada  Store  Manager,Mengkoordinasi  pelaksanaan  kerja  bawahannya
8.  Supervisor  Support  Sytem 
Bertanggung  jawab  langsung  kepada  Area  Manager,Bertanggung  jawab  atas  perancangan,  penerapan,  dan  pengontrolan  atas  sistem  komputerisasi  perusahaan.
9.  Bagian  Visual  Persentation  (PV)
Menagani  pembuatan  spanduk-spanduk,  harga-harga  yang  tercantum  di  toko  pembuatan  iklan-iklan  menarik  untuk  produk-produk  tertentu  dalam  rangka  promosi  dan  lain-lain.
 
 



 
 https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTA9B5_pPa2qYQPdTADrx7ecK9pQhATkBSl25j9hhIFDOhGUKlBog


 Gambar 2 Bagan Struktur Organisasi Toko  Indomaret

3.2.2.  Deskripsi  Jabatan
1.   Kepala Toko
Bertanggung  jawab  dalam mengorganisir dan pengelolaan toko ,Mengawasi jalannya operasional toko
2.      Wakil Kepala Toko
Bertanggung jawab  dalam  membantu  kepala  toko  dalam melaksanakan  fungsi  pengorganisasian  dalam  toko
3.      Merchandiser
Bertanggung jawab  dalam  mengatur  dan  menempatkan  item-item  produk  yang  ada  sehingga  pajangan menarik  dan  sesuai  dengan  konsep  Indomaret
4.      Kasir
Bertanggung jawab dilini depan dalam melayani transaksi pembelian yang dilakukan oleh konsumen.
5.      Pramuniaga
Bertanggung jawab dalam menyambut dan menuntun konsumen toko dalam mendapatkan produk yang di inginkan. Sistem manajemen Indomaret
3.3 SISTEM MANAJEMEN INDOMARET
Seperti dalam perusahaan besar lainnya Indomaret dalam meningkatkan kinerja para karyawan nya baik yang berada di kantor pusat maupun yang berada di toko menerapkan sikap menjunjung tinggi nilai-nilai
a.       kejujuran, kebenaran dan keadilan
b.      kerjasama tim
c.       kemajuan melalui ekonomi yang ekonomis
d.      kepuasan pelanggan
keempat butir diatas dijadikan sebagai gengggaman dan merupakan dasar yang dijadikan sebagai janji karyawan. Hal ini dimaksudkan untuk meninggkatkan attitude dalam bekerja sehingga menjadi pekerja yang memiliki sikap yang bertanggng jawab serta proposional.

3.4. JENIS KERJASAMA PERUSAHAAN
Dilihat dari penjelasan yang melatarbelakangi munculnya perusahaan bahwa Indomaret menggunakan system waralaba dalam proses kegiatan usahanya yaitu suatu kegiatan bagi keuntungan baik itu pada masyarakat ataupun investornya. System ini sangat banyak dijumpai di Negara Indonesia saat ini. Perkembangannya yang pesat mengindikasikan sebagai salah satu bentuk investasi yang menarik, sekaligus membantu pelaku usaha dalam memulai suatu usaha sendiri dengan tingkat kegagalan yang rendah.Meski bisnis waralaba yang ditawarkan semakin beragam, namun untuk menjatuhkan pilihan terhadap bisnis waralaba secara tepat, terkadang mengalami kesulitan. Padahal pilihan awal akan sangat menentukan. Ada hal mendasar dalam menentukan pilihan. Paling tidak bidang usahanya stabil dan berprospek serta track record pewaralaba (franchisor) baik dan berpengalaman
Sebagai strategi ekspansi yang melibatkan modal pihak lain, bisnis waralaba mau tidak mau harus transparan dan konsepnya saling menguntungkan serta saling percaya di antara pewaralaba dengan terwaralaba (franchisee). Minimal selama 5 tahun bisnis waralaba tersebut mampu membuktikan sebagai perusahaan sehat, yang didukung oleh sistem dan format bisnis yang telah teruji.
Bidang usaha yang relatif stabil adalah bisnis ritel. Di Indonesia bisnis ini terus berkembang seirama dengan kebutuhan penduduk yang jumlahnya terus meningkat. Salah satu bisnis ritel yang melayani kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari adalah minimarket. Indomaret yang tetap konsisten berkecimpung di bidang minimarket (lokal) dikelola secara profesional dan dipersiapkan memasuki era globalisasi.Tahun 1997 Indomaret melakukan pola kemitraan (waralaba) dengan membuka peluang bagi masyarakat luas untuk turut serta memiliki dan mengelola sendiri gerai Indomaret. Pola waralaba ini ditawarkan setelah Indomaret terbukti sehat dengan memiliki lebih dari 700 gerai , yang didukung oleh sistem dan format bisnis yang baik.
Pengalaman panjang yang telah teruji itu mendapat sambutan positif masyarakat, terlihat dari meningkat tajamnya jumlah gerai waralaba Indomaret, dari 2 gerai pada tahun 1997 menjadi 1097 gerai pada Mei 2008. Program waralaba Indomaret yang tidak rumit terbukti dapat diterima masyarakat. Bahkan, sinergi pewaralaba (Indomaret) dan terwaralaba (masyarakat) ini merupakan salah satu keunggulan domestik dalam memasuki era globalisasi.
Dalam mencermati bisnis baru, kadang pebisnis hanya terfokus pada keuntungan finansial. Padahal banyak keuntungan lain yang bisa diperoleh, khususnya yang membeli hak waralaba, dan Indomaret memberikan berbagai keuntungan sehingga dapat menjadi kekuatan bagi yang hendak memasuki dunia wirausaha.

3.4.  MAKSUD DAN TUJUAN PERUSAHAAN
Sesuai dengan Akte Pendirian Perusahaan No. 207 tertanggal 21 Nopember 1988 tersebut di atas, maksud dan tujuan perusahaan adalah :
Bergerak dalam bidang usaha perdagangan barang/retail (mini market), jenis barang dagangannya yaitu : hasil bumi (laut, perikanan, peternakan, dan hutan), obat-obatan, kelontong, kosmetik, alat-alat kesehatan dan lain-lain.
1. Bergerak dalam bidang ekspor-impor.
2. Bergerak dalam bidang distribution/penyalur.
3. Mengadakan kerja sama (joint venture) dengan masyarakat dan badan usaha
    yang ingin membuka usah dalam bidang perdagangan (business retail) dengan  
   sistem waralaba. selain itu Indomaret memlki visi dan misi nya yaitu:
VISI: Menjadi asset nasonal dalam bentuk jarngan ritel waralaba yang unggul dalam persaingan global.
MISI: Mudah dan Hemat
BUDAYA PERUSAHAAN:
-dalam bekerja kami menjunjung tinggi nilai-nila
-kejujuran,kebenaran dan keadilan
-kerjasama tim
-kemajuan melalui inovasi yang ekonoms
-kepuasan pelanggan

Sehingga jelas dilihat dari tujuan perusahaan (Visi,Mis,dan Budaya Perusahaan) bahwa motif yang digunakan oleh Indomaret ialah suatu jenis usaha yang mencari keuntungan melalui usaha perdagangan barang dengan jenis dagangan yang berbeda-beda.

3.5 . PROSES DAN SISTEM KERJA
Dalam melakukan usaha bisnisnya Indomaret sangat mengutamakan system kerja yang praktis yang dapat memajukan dan dapat menguntungkan bagi perusahaan. Salah satunya ialah adanya pola kerja sama waralaba (system kemitraan). Indomaret memperkenalkan sistem kemitraan kepemilkan dan pengolahan gerai  dengan waralaba,sampa tahun 2013 telah mencapa jumlah 2.719 gerai waralaba. Mitra usaha melputi koperasi, badan usaha,dan perseorangan.sistem waralaba Indomaret telah teeruj  keberhasilannya dengan dperolehnya penghargaan dari Presiden RI sebaga Perusahaan Waralaba nasional pada tahun 2003.  Dengan membuka peluang bagi masyarakat luas untuk turut serta memiliki dan mengelola sendiri Indomaret.
I. Pola waralaba itu sendiri terbagi menjadi 2 macam yaitu:
1.      Tidak memiliki tempat usaha 
Jika kita tidak memiliki tempat usaha, Indomaret menawarkan dua opsi kerja sama.
a.       Usulan lokasi baru
Indomaret menawarkan lokasi yang telah disurvey perencanaan matang, mulai dari design layout toko, estimasi investasi, pendapatan, pengeluaran dan payback periode.
a.       Take over kepemilikan.   
Indomaret menawarkan toko milik sendiri, yang sudah teruji dan menguntungkan. System ini relative lebih safe namun nilai investasinya lebih tinggi dibanding dengan membuka toko baru karena ada biaya toko, sejak dibuka hingga mencapai kondisi mapan.
2.      Memiliki tempat usaha
Apabila anda telah memiliki lokasi usaha, Indomaret menawarkan kerja sama sebagai berikut:
     a.      Ruang usaha atau rumah atau tanah
·         Prosedur kerja sama dengan “Usaha lokasi toko baru”.
·         Indomaret terlebih dahulu melakukan survei kelayakan lokasi yang anda usulkan, mulai dari  usulkan, mulai dari potensi wilayah, peruntukan bangunan dan perijinan, perencanaan layout toko sampai dengan estimasi payback periode-nya.
·         Jika semua dinilai layak, kerja sama dapat dilakukan. Akan tetapi jika tidak atau ada kendala lain, Indomaret akan menyerahkan untuk mencari lokasi yang lain.

   b.      Minimarket existing
Jika kita memiliki toko yang kurang berkembang dan ingin mengembangkannya, dapat bergabung dengan Indomaret. Prosedur standardnya sama, mulai dari survey kelayakan lokasi hingga estimasi payback periode.
II. Keuntungan Waralaba
1.      Transformasi Pengetahuan
Bergabung dengan Indomaret, akan banyak diperoleh pengetahuan bisnis toko modern dan sekaligus menempatkan anda sebagai pelaku bisnis.
2.      Potensi Pasar
Bantuan survey lokasi dari Indomaret akan memperkaya wawasan mengenai potensi dan strategis tidaknya lokasi.
3.      Tidak full time
Dukungan system operasional toko yang terintegrasi, membuat para investor tidak perlu terlibat secara full time dalam operasional toko ataupun meninggalkan pekerjaan sebelumnya.

4.      Peluang berkembang
Investor dapat memiliki lebih dari 1 (satu) unit toko dengan tingkatan kesibukan yang sama dan dapat diatur.
5.      Minimalisasi Resiko
          Perencanaan matang, mulai survey lokasi sampai dengan opening toko, kecepatan distribusi dan kelengkapan barang dagangan, serta dukungan management toko yang solid akan membantu investor dalam menekan resiko kerugian.
III. Tahapan Kerjasama
1.      Hubungi bagian waralaba Indomaret untuk mengikuti presentasi
Jakarta         : (021) 6918978, 6918980, 6919710-12
Bandung      : (022) 7215556
Surabaya      : (031) 8915000 / 8910999
2.      Presentasi pertama
Supaya  presentasi belanja lebih efektif dan bisa langsung ditindaklanjuti, bagi Franchisee yang sudah memiliki urusan lokasi tempat usaha sebaiknya membawa fotocopy dokumen pendukung, seperti:
-          Sertifikat Bangunan,
-          IMB (Izin Menggunakan Bangunan),
-          KTP(Kartu Tanda Penduduk),
-          KK(Kartu Keluarga),
-          (jika sudah ada) SIUP, TDP, NPWP, PKP,
-          Serta denah lokasi.
Pada presentasi pertama ini akan dijelaskan dengan detail mekanisme kerjasama, besarnya investasi, system operasional toko, system pembagian keuntungan dan system pelopor.

3.      Presentasi kedua
             Pada presentasi kedua akan dipaparkan hasil survey kelayakan dan Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang mengarah kepada besarnya nilai investasi. Biasanya pada presentasi kedua ini di lanjutkan dengan penandatanganan MPU(Nota Kesepakatan) yang mencangkup butir-butir pembagian tugas antara pihak Indomaret dengan investor dalam mempersiapkan pembukuan toko, mulai dari pengurusan perijinan, renovasi bangunan, pembelian perlengkapan toko, seleksi dan training karyawan, serta term pembayaran.
4.      Pembukaan toko
Setelah semua item kesepakatan direalisasikan, maka toko telah siap untuk dibuka dengan program promosi yang ditetapkan Indomaret. Setelah toko buka, akan ditandatangani Surat Perjanjian Waralaba untuk jangka waktu 5 tahun.
3.6.  STATUS KARYAWAN
Sumber daya manusia merupakan aspek yang terpenting dalam kegiantan suatu bisnis  dengan gerai mini market, karena jika suatu perusahaan memillki karyawan  yang handal maka ini merupakan kunci utama untuk meraih kesuksesan dalam menjalankan bisnis. Oleh karna itu haruslah dilakukan sejak awak ntuk melakukan suatu persiapan dan pengadaan dari suatu perusahaan. Seperti halnya Indomaret yang setidaknya memiliki minimal 3 orang untuk mengurus minimarket dan melakukan tugas-tugas seperti sebagai kasir, pramuniaga dan gudang. Selain itu perusahaan pun juga harus memberikan kompensasi dan perlindungan guna memelihara semnagat dan motivasi kerja para karyawan. Hubungan pemilik dan karyawan haruslah perlu dijaga dengan baik yaitu penataan tugas utama masing-masing karyawan perlu di buat agar secara individu memiliki tanggun jawab dalam bekerja. Sehingga akan meminimalisrkan pemutusan hubungan kerja yang sepihak.




BAB IV
PENUTUP
4.1. KESIMPULAN
Dari penulisan diatas dapat disimpulkan bahwa suatu perusahaan bisnis seperti Indomaret yang mengelola produk sehari-hari yang digunakan merupakan suatu perusahaan yang memiliki system administrasi yang baik hal ini dapat dilihat dari struktur organisasi yang terorginir dan semakin maraknya mini market Indomaret di seluruh wilayah Indonesia. Sehingga dapat di simpulkan bahwa system administrasi yang baik mampu menjadikan perusahaaan tersebut meraih keuntungan yang lebih. Selain itu Indomaret pun memiliki suatu system kerja yang baik seperti adanya system waralaba yaitu suatu system kemitraan atau bagi keuntungan dengan masyarakat sehingga Indomaret itu sendiri mudah diterima dikalangan masyarakat baik di kalanngan daerah kota atau pun di perdesaan sekalipun.

4.2.DAFTAR PUSTAKA
·                      http://indomaret.co.id/
·                     http://www.slideshare.net/AryaNingrat/rahasia-bisnis-minimarket
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar