JUDUL: SISTEM ADMINISTRASI INDOMARET
NAMA : FREVY
GREDSYELY
NIM : 061230601230
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Maraknya
dunia bisnis saat ini mengakibatkan banyaknya persaingan di jaman era
globalisasi ini, seperti contoh maraknnya usaha mini market yang saat ini naik
daun dikalangan masyarakat. Contoh yang
paling anyar di telinga masyarakat adalah salah satunya Mini Markert Indomaret. Indomaret
merupakan perusahaan yang menyediakan berbagai macam produk untuk kebutuhan konsumen
dalam berbagai jenis. Di Era globalisasi
telah mengakibatkan meningkatnya standar pelayanan yang berpengaruh juga
terhadap meningkatnya ekspetasi konsumen, sehingga persaingan perusahaan yang
adapun semakin ketat. Dimana perusahaan mini market berlomba-lomba memberikan
pelayanan yang maksimal kepada pelanggan dan juga memberikan nilai tambah pada
produk agar menarik para konsumen.
Selain itu memperhatikan
selain pada produk pejualan, hal yang lebih utama yang harus diperhatikan oleh
instansi perusahaan ialah Sistem Manajemen atau Administrasi dari perusahaan
tersebut. Hal ini dikarnakan jika suatu sistem yang baik pada suatu perusahaan
maka akan berdampak baik pula pada Kinerja dari para karyawan dan dapat
meningkatkan dari standar pelayanan yang diberikan. Hal ini akan berdampak
sangat baik untuk system pelayanan yang ddapat meningkatkan penjualan tidak
hanya itu suatu system administrasi yang baik dapat memberikan dampak yang
positif pada perkembangan bagi suatu perusahaan tersebut.
1.2 TUJUAN PENULISAN
Sesuai dengan yang telah
di jabarkan pada latar belakang penulisan bahwasannya didalam penulisan ini
bertujuan untuk mengetahui dari suatu system administrasi yang digunakan oleh
perusahaaan dalam menjalankan suatu usaha dalam skala besar guna meningkatkan
kinerja dari suatu karyawan yang mampu meningkatkan keuntungan bagi suatu
perusahaan.
BAB II
TEORI-TEORI
Administrasi pada
intinya melingkupi seluruh kegiatan dari pengaturan hingga pengurusan
sekolompok orang yang memiliki diferensiasi pekerjaan untuk mencapai tujuan
bersama.Berikut merupakan pengertian maupun ruang lingkup dari suatu system
administrasi
1.DEFINISI ADMINISTRASI
Administrasi secara
sempit didefinisikan sebagai penyusunan dan pencatatan data dan informasi
secara sistematis baik internal maupun eksternal dengan maksud menyediakan
keterangan serta memudahkan utuk memperleh kembali baik sebagian maupun
menyeluruh, atau dikenal dengan istilah Tata Usaha.
Dan administrasi itu
sendiri berfungsi menyangkut manajemen dan pengarahan semua tahap operasi
perusahaan mengenai pengolahan bahan keterangan, komunikasi dan ingatan
organisasi.
2.STRUKTUR ORGANISASI
Struktur organisasi
adalah susunan organisasi yang terdapat dalam sebuah perusahaan yang didasari
adanya pengembangan produk dan riset-riset usaha sehongga komponenna menjadi
lebih luas. Yang memiliki fungsinya masing-masing pada setiap jabatannya.
Dan didalam suatu system administrasi adanya
unsure-unsur yang terdapat dalam perusahaaan tersebut antara lain:
1.
Organisasi merupakan suatu kegiatan dua orang atau lebih
untuk mencapai tujuan yang sama dalam suatu usaha yang sama.
2.
Manajemen adalah kegiataan penataan yang
berupa penggerak orang-orang dan pengarahan fasilitas kerja agar tujuan
kerjasama berar-benar dicapai.
3.
Komunikasi ialah kegiatan penataan yang
berupa penyampaian warta dari seseorang kepada pihak lain dalam kerjasama dalm
mencapai tujuan tertentu
4.
Kepegawaian iala rangkaian kegiatan yang
brupa penghimpunan pencatatan pengolahan pengandaan hingga pemusnahan informasi
dan memelihari potensi yang ada pada manusia tersebut.
5.
Perbekalan
Adalah kegiatan mengadakan, mendayagunakan, dan memlihara sarana dan prasarana serta menyingkirkan sarana dan prasarana yang sudah tidak layak lagi digunakan.
Adalah kegiatan mengadakan, mendayagunakan, dan memlihara sarana dan prasarana serta menyingkirkan sarana dan prasarana yang sudah tidak layak lagi digunakan.
6. Keuangan
Adalah proses yang berkenaan denganÜ pengadaan, pengalokasian, penggunaan dan pertanggungjawaban tentang uang.
Adalah proses yang berkenaan denganÜ pengadaan, pengalokasian, penggunaan dan pertanggungjawaban tentang uang.
7. Ketatausahaan
Adalah proses menghimpun, mencatat, mengolah, mengirim dan menyimpan bahan – bahan informasi.
Adalah proses menghimpun, mencatat, mengolah, mengirim dan menyimpan bahan – bahan informasi.
8. Hubungan
Masyarakat
Adalah proses kegiatan mengadakan dan memelihara hubungan,Ü baik dengan hubungan internal maupun hubungan eksternal.
Adalah proses kegiatan mengadakan dan memelihara hubungan,Ü baik dengan hubungan internal maupun hubungan eksternal.
3.SISTEM KERJA PERUSAHAAN
Dan dalam menjalankan usahanya Indomaret
mengggunakan system kerja sama atu jenis kerja sama waralaba.
Sistem
Waralaba yaitu suatu hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun
layanan. Sedangkan menurut versi pemerintah Indonesia, yang dimaksud dengan
waralaba adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan
dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas
usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan
yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau
penjualan barang dan jasa.
4.
TUJUAN PERUSAHAAN
Tujuan
ialah suatu pencapaian yang diinginkan oleh suatu perusahaan dalam mencapai
yang ingin dituju.
5.MOTIF
PERUSAHAAN
Motif
merupakan suatu alasan suatu orang atau perusahaaan untuk melakukan sesuatu
baik untuk mencari keuntungan ataupun sosial.
6.
PROSES KERJA
Proses
yaitu prosedur kerja perusahaan dalam mengelola permintaan bisnis.
7..
STATUS KARYAWAN
Karyawan
ialah orang yang bekerja pada suatu lembaga
(perusahaan,kontor,dsb) engan mendapat gaji ( upah). Jenis-jenis karyawan itu
sendiri ada 4 yaitu:
1.
Karyawan lepas yaitu orang yang bekerja berdasarkan
kontrak kerja dalam waktu tertentu
2.
Manajerial
yaitu orang yang berhak memerintah bawahannya untuk mengerjakan sebagian
pekerjaannya dan dikerjakan sesuai dengan perintah
3.
Operasional
yaitu orang yang secara langsung harus mengerjakan sendiri pekerjaannya ssuai dengan
perintah atasan
4.
Karyawan
tetap yaitu orang yang bekerja pada suatu badan perusahaan secara tetap
berdasarkan surat keputusan
BAB
III
PEMBAHASAN
3.1.SEJARAH SINGKAT PERUSAHAAN ( INDOMARET)
Berawal
dari pemikiran untuk mempermudah penyediaan kebutuhan pokok sehari-hari, maka
pada tahun 1988 didirika sebuah gerai yang diberi nama Indomaret. Sejalan
pengembangan operasional toko, perusahaan tertarik untuk lebih mendalami dan
memahami berbagai kebutuhan dan perilaku konsumendalam berbelanja. Guna
mengakomodai tujuan tersebut, beberapa orang karyawan ditugaskan ntuk mengamati dan meneliti
perilaku belanja masyarakat. Kesimpulan yang didapat adalah bahwa masyarakat
memilih belanja di gerai modern beralasan kelengkapan pilihan produk yang
berkualitas, harga yang pasti dan bersaing,serta suasana yang nyaman.
Pada
mulanya Indomaret membentuk konsep penyelenggaraan gerai yang berlokasi di
dekat unian konsumen, menyediakan berbagai kebutuhan pokok maupun kebutuhan
sehari-hari, melayani masyarakat umum yang sersifat majemuk serta memiliki luas
toko sekitar 200 m².
Seiring
dengan perjalanan waktu dan kebutuhan pasar, indomaret terus menambah gerai di
berbagai kawasan perumahan, perkantoran,niaga, wisata dan apartemen. Dalam hal
ini terjadilah proses pembelajaran untuk pengoperasian suatu jaringan retail
yang berskala besar, lengkap dengan berbagai pengalaman yang kompleks dan
bervariasi.
Saat
ini Indomaret berkembang sanagat pesat dengan jumlah gerai mencapai lebih dari
7.719 di wilayah Jawa, Madura, Bali dan Sulawesi yang terdiri dari 40% gerai
milik terwaralaba dan 60% gerai milik perusahaan. Sebagian besak pasokan barang
dagangan untuk seluruh gerai berasal dari 17 pusat distribusi Indomaret yang menyediakan lebih dai 4.800 jenis
produk. Dan kini keberadaan Indomaret
makin diperkuat dengan kehadiran Indogrosir anak perusahaan dengan konsep
bisnis Pusat Perkulakan.
3.2.
STRUKTUR ORGANISASI
Bagi perusahaan
besar maupun kecil
tidak dapat dipisahkan
dari struktur organisasi
perusahaan, yang merupakan
suatu kerangka kerja
bagi semua individu
dalam organisasi untuk
mencapai tujuan sehingga
segala macam pengorbanan
yang terjadi dalam
usaha mencapai tujuan
tersebut dapat diatur
sedemikian rupa sehingga
pengorbanan yang dilakukan
dapat seminimal mungkin.
Tujuan struktur
organisasi adalah untuk
menciptakan koordinasi, komunikasi,
dan kerja sama
yang baik di
antara pelaksanaan organisasi,
agar dapat menunjang
dan mencapai tujuan
perusahaan. Untuk mencapai
tujuan perusahaan tersebut,
dalam struktur organisasi
perlu dijelaskan pembagian
tugas, penetapan batas
wewenang dan tanggung
jawab yang jelas
di antara pelaksana.
Gambar
1.Bagan Struktur Organisasi PT Indomaret
3.2.1.
Deskripsi Jabatan
Struktur organisasi
berbentuk lini. Untuk
memberikan gambaran yang
jelas, berikut ini
penjelasan mengenai tanggung
jawab dan uraian
tugas dari masing-masing
bagian yang terlibat
dalam aktivitas harian :
1. Area
Manager
Bekerja dengan
divisi-divisi yang dibawahnya
untuk menyusun agaran
keuangan perusahaan cabang. Mengawasi dan
mengevaluasi pelaksanaan kerja serta
anggaran keuangan yang
telah ditetapkan
1. Werhouse supervisor
Menyediakan atau
memesan barang untuk
keperluan toko untuk
jangka pendek maupun
jangka panjang sehingga
keberadaan barang di rak pajangan
tetap tersedia dan
terjaga rapi.
3. Supervisor
Bertanggung jawab
atas ketersediaan dan
kelengkapan barang dagangan. Mengatur komposisi
personal yang menjadi
tanggung jawabnya
4. Pelaksana
gudang
Bertanggung jawab
atas kelengkapan dan
keamanan barang-barang yang
ada di gudang.
Memberikan laporan-laporan secara
berkala atau periode
mengenai penerimaan, pengeluaran
dan persediaan barang-barang
di bawah pengawasan
kepala bagian supervisor.
5. Staf
Reciving Goods
Bertanggung jawab
langsung kepada werahouse
supervisor. Bertanggung
jawab atas segala
sesuatu yang timbul
dalam bagiannya.
6. Chief
Finance dan Accounting
Mempertangung jawabkannya
pada Store Manager. Mengkoordinasi, mengawasi,
dan menevaluasi pekerjaan
bawahannya. Serta mengatur
dan menyelesaikan masalah-masalah yang
berhubungan dengan perbankan,
perpajakan dan penagihan
dari pihak-pihak ketiga.
7. Chief
HRD dan General
Affairs
Mempertanggung jawabkan kepada
Store Manager,Mengkoordinasi pelaksanaan
kerja bawahannya
8. Supervisor
Support Sytem
Bertanggung jawab
langsung kepada Area
Manager,Bertanggung jawab atas
perancangan, penerapan, dan
pengontrolan atas sistem
komputerisasi perusahaan.
9. Bagian
Visual Persentation (PV)
Menagani pembuatan
spanduk-spanduk, harga-harga yang
tercantum di toko
pembuatan iklan-iklan menarik
untuk produk-produk tertentu
dalam rangka promosi
dan lain-lain.
Gambar 2 Bagan Struktur Organisasi
Toko Indomaret
3.2.2. Deskripsi Jabatan
1. Kepala
Toko
Bertanggung jawab
dalam mengorganisir dan pengelolaan toko ,Mengawasi jalannya operasional
toko
2. Wakil
Kepala Toko
Bertanggung jawab
dalam membantu kepala toko dalam melaksanakan
fungsi pengorganisasian dalam toko
3. Merchandiser
Bertanggung jawab
dalam mengatur dan menempatkan item-item
produk yang ada sehingga pajangan menarik
dan sesuai dengan konsep Indomaret
4. Kasir
Bertanggung jawab
dilini depan dalam melayani transaksi pembelian yang dilakukan oleh konsumen.
5. Pramuniaga
Bertanggung jawab dalam
menyambut dan menuntun konsumen toko dalam mendapatkan produk yang di inginkan.
Sistem manajemen Indomaret
3.3
SISTEM MANAJEMEN INDOMARET
Seperti
dalam perusahaan besar lainnya
Indomaret dalam meningkatkan kinerja para karyawan nya baik yang berada di
kantor pusat maupun yang berada di toko menerapkan sikap menjunjung tinggi
nilai-nilai
a. kejujuran, kebenaran dan keadilan
b. kerjasama tim
c. kemajuan melalui ekonomi yang ekonomis
d. kepuasan pelanggan
keempat butir diatas dijadikan
sebagai gengggaman dan merupakan dasar yang dijadikan sebagai janji karyawan.
Hal ini dimaksudkan untuk meninggkatkan attitude dalam bekerja sehingga menjadi
pekerja yang memiliki sikap yang bertanggng jawab serta proposional.
3.4. JENIS KERJASAMA PERUSAHAAN
Dilihat
dari penjelasan yang melatarbelakangi munculnya perusahaan bahwa Indomaret
menggunakan system waralaba dalam proses kegiatan usahanya yaitu suatu kegiatan
bagi keuntungan baik itu pada masyarakat ataupun investornya. System ini sangat
banyak dijumpai di Negara Indonesia saat ini. Perkembangannya
yang pesat mengindikasikan sebagai salah satu bentuk investasi yang menarik,
sekaligus membantu pelaku usaha dalam memulai suatu usaha sendiri dengan
tingkat kegagalan yang rendah.Meski bisnis waralaba yang ditawarkan semakin
beragam, namun untuk menjatuhkan pilihan terhadap bisnis waralaba secara tepat,
terkadang mengalami kesulitan. Padahal pilihan awal akan sangat menentukan. Ada
hal mendasar dalam menentukan pilihan. Paling tidak bidang usahanya stabil dan
berprospek serta track record pewaralaba (franchisor) baik dan berpengalaman
Sebagai strategi ekspansi yang
melibatkan modal pihak lain, bisnis waralaba mau tidak mau harus transparan dan
konsepnya saling menguntungkan serta saling percaya di antara pewaralaba dengan
terwaralaba (franchisee). Minimal selama 5 tahun bisnis waralaba tersebut mampu
membuktikan sebagai perusahaan sehat, yang didukung oleh sistem dan format
bisnis yang telah teruji.
Bidang usaha yang relatif stabil adalah bisnis ritel. Di Indonesia bisnis ini terus berkembang seirama dengan kebutuhan penduduk yang jumlahnya terus meningkat. Salah satu bisnis ritel yang melayani kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari adalah minimarket. Indomaret yang tetap konsisten berkecimpung di bidang minimarket (lokal) dikelola secara profesional dan dipersiapkan memasuki era globalisasi.Tahun 1997 Indomaret melakukan pola kemitraan (waralaba) dengan membuka peluang bagi masyarakat luas untuk turut serta memiliki dan mengelola sendiri gerai Indomaret. Pola waralaba ini ditawarkan setelah Indomaret terbukti sehat dengan memiliki lebih dari 700 gerai , yang didukung oleh sistem dan format bisnis yang baik.
Bidang usaha yang relatif stabil adalah bisnis ritel. Di Indonesia bisnis ini terus berkembang seirama dengan kebutuhan penduduk yang jumlahnya terus meningkat. Salah satu bisnis ritel yang melayani kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari adalah minimarket. Indomaret yang tetap konsisten berkecimpung di bidang minimarket (lokal) dikelola secara profesional dan dipersiapkan memasuki era globalisasi.Tahun 1997 Indomaret melakukan pola kemitraan (waralaba) dengan membuka peluang bagi masyarakat luas untuk turut serta memiliki dan mengelola sendiri gerai Indomaret. Pola waralaba ini ditawarkan setelah Indomaret terbukti sehat dengan memiliki lebih dari 700 gerai , yang didukung oleh sistem dan format bisnis yang baik.
Pengalaman panjang yang telah teruji itu
mendapat sambutan positif masyarakat, terlihat dari meningkat tajamnya jumlah
gerai waralaba Indomaret, dari 2 gerai pada tahun 1997 menjadi 1097 gerai pada
Mei 2008. Program waralaba Indomaret yang tidak rumit terbukti dapat diterima
masyarakat. Bahkan, sinergi pewaralaba (Indomaret) dan terwaralaba (masyarakat)
ini merupakan salah satu keunggulan domestik dalam memasuki era globalisasi.
Dalam mencermati bisnis baru, kadang pebisnis hanya terfokus pada keuntungan finansial. Padahal banyak keuntungan lain yang bisa diperoleh, khususnya yang membeli hak waralaba, dan Indomaret memberikan berbagai keuntungan sehingga dapat menjadi kekuatan bagi yang hendak memasuki dunia wirausaha.
Dalam mencermati bisnis baru, kadang pebisnis hanya terfokus pada keuntungan finansial. Padahal banyak keuntungan lain yang bisa diperoleh, khususnya yang membeli hak waralaba, dan Indomaret memberikan berbagai keuntungan sehingga dapat menjadi kekuatan bagi yang hendak memasuki dunia wirausaha.
3.4. MAKSUD DAN
TUJUAN PERUSAHAAN
Sesuai
dengan Akte Pendirian Perusahaan No. 207 tertanggal 21 Nopember 1988 tersebut
di atas, maksud dan tujuan perusahaan adalah :
Bergerak dalam bidang usaha
perdagangan barang/retail (mini market), jenis barang dagangannya yaitu : hasil
bumi (laut, perikanan, peternakan, dan hutan), obat-obatan, kelontong,
kosmetik, alat-alat kesehatan dan lain-lain.
1. Bergerak dalam bidang ekspor-impor.
2. Bergerak dalam bidang distribution/penyalur.
3. Mengadakan kerja sama (joint venture) dengan masyarakat dan badan usaha
1. Bergerak dalam bidang ekspor-impor.
2. Bergerak dalam bidang distribution/penyalur.
3. Mengadakan kerja sama (joint venture) dengan masyarakat dan badan usaha
yang ingin membuka usah dalam bidang perdagangan (business retail)
dengan
sistem waralaba. selain itu Indomaret memlki visi dan misi nya yaitu:
VISI: Menjadi asset nasonal dalam
bentuk jarngan ritel waralaba yang unggul dalam persaingan global.
MISI: Mudah dan Hemat
BUDAYA PERUSAHAAN:
-dalam bekerja kami menjunjung
tinggi nilai-nila
-kejujuran,kebenaran dan keadilan
-kerjasama tim
-kemajuan melalui inovasi yang
ekonoms
-kepuasan pelanggan
Sehingga
jelas dilihat dari tujuan perusahaan (Visi,Mis,dan Budaya Perusahaan) bahwa
motif yang digunakan oleh Indomaret ialah suatu jenis usaha yang mencari
keuntungan melalui usaha perdagangan barang dengan jenis dagangan yang
berbeda-beda.
3.5 . PROSES DAN SISTEM KERJA
Dalam
melakukan usaha bisnisnya Indomaret sangat mengutamakan system kerja yang
praktis yang dapat memajukan dan dapat menguntungkan bagi perusahaan. Salah
satunya ialah adanya pola kerja sama waralaba (system kemitraan). Indomaret
memperkenalkan sistem kemitraan kepemilkan dan pengolahan gerai dengan waralaba,sampa tahun 2013 telah
mencapa jumlah 2.719 gerai waralaba. Mitra usaha melputi koperasi, badan
usaha,dan perseorangan.sistem waralaba Indomaret telah teeruj keberhasilannya dengan dperolehnya
penghargaan dari Presiden RI sebaga Perusahaan Waralaba nasional pada tahun
2003. Dengan membuka peluang bagi
masyarakat luas untuk turut serta memiliki dan mengelola sendiri Indomaret.
I. Pola waralaba itu sendiri terbagi
menjadi 2 macam yaitu:
1.
Tidak memiliki tempat usaha
Jika
kita tidak memiliki tempat usaha, Indomaret menawarkan dua opsi kerja sama.
a. Usulan
lokasi baru
Indomaret
menawarkan lokasi yang telah disurvey perencanaan matang, mulai dari design
layout toko, estimasi investasi, pendapatan, pengeluaran dan payback periode.
a.
Take
over kepemilikan.
Indomaret
menawarkan toko milik sendiri, yang sudah teruji dan menguntungkan. System ini
relative lebih safe namun nilai investasinya lebih tinggi dibanding dengan membuka
toko baru karena ada biaya toko, sejak dibuka hingga mencapai kondisi mapan.
2.
Memiliki tempat usaha
Apabila
anda telah memiliki lokasi usaha, Indomaret menawarkan kerja sama sebagai
berikut:
a. Ruang
usaha atau rumah atau tanah
·
Prosedur kerja sama dengan “Usaha lokasi toko
baru”.
·
Indomaret terlebih dahulu melakukan survei
kelayakan lokasi yang anda usulkan, mulai dari usulkan, mulai dari
potensi wilayah, peruntukan bangunan dan perijinan, perencanaan layout toko sampai dengan estimasi payback periode-nya.
·
Jika semua dinilai layak, kerja sama dapat
dilakukan. Akan tetapi jika tidak atau ada kendala lain, Indomaret akan
menyerahkan untuk mencari lokasi yang lain.
b. Minimarket existing
Jika kita memiliki toko yang kurang berkembang
dan ingin mengembangkannya, dapat bergabung dengan Indomaret. Prosedur
standardnya sama, mulai dari survey kelayakan lokasi hingga estimasi payback periode.
II. Keuntungan Waralaba
1. Transformasi
Pengetahuan
Bergabung dengan Indomaret, akan banyak diperoleh
pengetahuan bisnis toko modern dan sekaligus menempatkan anda sebagai pelaku
bisnis.
2. Potensi
Pasar
Bantuan survey lokasi dari Indomaret akan
memperkaya wawasan mengenai potensi dan strategis tidaknya lokasi.
3. Tidak
full time
Dukungan system operasional toko yang
terintegrasi, membuat para investor tidak perlu terlibat secara full time dalam
operasional toko ataupun meninggalkan pekerjaan sebelumnya.
4. Peluang
berkembang
Investor dapat memiliki lebih dari 1 (satu) unit
toko dengan tingkatan kesibukan yang sama dan dapat diatur.
5. Minimalisasi
Resiko
Perencanaan matang, mulai survey lokasi sampai dengan opening toko,
kecepatan distribusi dan kelengkapan barang dagangan, serta dukungan management
toko yang solid akan membantu investor dalam menekan resiko kerugian.
III. Tahapan Kerjasama
1. Hubungi
bagian waralaba Indomaret untuk mengikuti presentasi
Jakarta
: (021) 6918978, 6918980, 6919710-12
Bandung : (022) 7215556
Surabaya : (031)
8915000 / 8910999
2. Presentasi
pertama
Supaya presentasi belanja lebih efektif dan
bisa langsung ditindaklanjuti, bagi Franchisee yang sudah memiliki
urusan lokasi tempat usaha sebaiknya membawa fotocopy dokumen pendukung,
seperti:
-
Sertifikat Bangunan,
-
IMB (Izin Menggunakan Bangunan),
-
KTP(Kartu Tanda Penduduk),
-
KK(Kartu Keluarga),
-
(jika sudah ada) SIUP, TDP, NPWP, PKP,
-
Serta denah lokasi.
Pada presentasi pertama ini akan dijelaskan
dengan detail mekanisme kerjasama, besarnya investasi, system operasional toko,
system pembagian keuntungan dan system pelopor.
3. Presentasi
kedua
Pada presentasi kedua akan dipaparkan hasil survey kelayakan dan Rencana
Anggaran Belanja (RAB) yang mengarah kepada besarnya nilai investasi. Biasanya
pada presentasi kedua ini di lanjutkan dengan penandatanganan MPU(Nota
Kesepakatan) yang mencangkup butir-butir pembagian tugas antara pihak Indomaret
dengan investor dalam mempersiapkan pembukuan toko, mulai dari pengurusan
perijinan, renovasi bangunan, pembelian perlengkapan toko, seleksi dan training
karyawan, serta term pembayaran.
4. Pembukaan
toko
Setelah semua item kesepakatan direalisasikan,
maka toko telah siap untuk dibuka dengan program promosi yang ditetapkan
Indomaret. Setelah toko buka, akan ditandatangani Surat Perjanjian Waralaba
untuk jangka waktu 5 tahun.
3.6. STATUS KARYAWAN
Sumber daya manusia merupakan aspek yang
terpenting dalam kegiantan suatu bisnis
dengan gerai mini market, karena jika suatu perusahaan memillki
karyawan yang handal maka ini merupakan
kunci utama untuk meraih kesuksesan dalam menjalankan bisnis. Oleh karna itu
haruslah dilakukan sejak awak ntuk melakukan suatu persiapan dan pengadaan dari
suatu perusahaan. Seperti halnya Indomaret yang setidaknya memiliki minimal 3
orang untuk mengurus minimarket dan melakukan tugas-tugas seperti sebagai
kasir, pramuniaga dan gudang. Selain itu perusahaan pun juga harus memberikan
kompensasi dan perlindungan guna memelihara semnagat dan motivasi kerja para
karyawan. Hubungan pemilik dan karyawan haruslah perlu dijaga dengan baik yaitu
penataan tugas utama masing-masing karyawan perlu di buat agar secara individu
memiliki tanggun jawab dalam bekerja. Sehingga akan meminimalisrkan pemutusan
hubungan kerja yang sepihak.
BAB IV
PENUTUP
4.1. KESIMPULAN
Dari
penulisan diatas dapat disimpulkan bahwa suatu perusahaan bisnis seperti
Indomaret yang mengelola produk sehari-hari yang digunakan merupakan suatu
perusahaan yang memiliki system administrasi yang baik hal ini dapat dilihat
dari struktur organisasi yang terorginir dan semakin maraknya mini market
Indomaret di seluruh wilayah Indonesia. Sehingga dapat di simpulkan bahwa
system administrasi yang baik mampu menjadikan perusahaaan tersebut meraih
keuntungan yang lebih. Selain itu Indomaret pun memiliki suatu system kerja
yang baik seperti adanya system waralaba yaitu suatu system kemitraan atau bagi
keuntungan dengan masyarakat sehingga Indomaret itu sendiri mudah diterima
dikalangan masyarakat baik di kalanngan daerah kota atau pun di perdesaan
sekalipun.
4.2.DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar