Selasa, 08 Oktober 2013

7 Tempat di Istanbul yang Wajib Dikunjungi


Jika Anda ke Turki, tujuh tempat ini wajib menjadi prioritas untuk dikunjungi. Kita tidak hanya jalan-jalan, tetapi juga menemukan sesuatu yang bernilai dari perjalanan ini. Mereka adalah:
1.Topkapi Palace
topkapi palace
Istana kediaman kekhalifahan Ottoman selama berkuasa empat ratus tahun lebih. Kekuasaannya menyeruak dari Hungaria di Eropa sampai Irak di Asia.
Dari istana ini tampak keindahan Selat Bosphorus dengan beragam aktivitas, mulai kapal yang hilir mudik sampai perahu-perahu (yacht) kecil yang tiada habisnya berputar-putar.
Terletak di area Sultan Ahmed Square.
2. Haghia Sophia
Hagia Sophia (FOTO2: Elba Damhuri, copyrights reserved)
Dulunya katedral yang kemudian ketika Sultan Ahmet menaklukkan Konstantinopel, diubah menjadi masjid. Pada era Kemal Atturk masjid ini diubah menjadi museum.
Hagia Sophia menjadi tujuan utama turis karena di dalamnya memperlihatkan khazanah kaya Islam dan Kristen. Di sana ada kaligrafi, tetapi ada salib juga.
Letaknya berdekatan dengan Topkapi Palace.
3. Masjid Biru
Masjid Biru
Masjid ini didominasi warna biru pada dinding-dinding dan keramiknya. Masjid ini dibangun pada era 1600-an sebagai penyeimbang adanya katedral besar yang berdiri di tengah kota Istanbul.
4. Masjid Suleymaniye
Masjid Suleymaniye
Ini menjadi masjid terbesar kedua di Istanbul dan berumur lebih tua dari Masjid Biru. Masjid ini dibangun pada 1950-an.
Terletak agak jauh dari pusat kekuasaan Ottoman namun lebih dekat ke Selat Bosphorus.
5. Grand Bazaar
Grand Bazaaar
Untuk urusan belanja barang-barang murah di sini tempatnya. Grand Bazaar merupakan pusat pertokoan tradisional yang menjual segala macam barang, terutama suvenir dan lain-lainnya.
Terletak berdekatan dengan pusat kota Istanbul. Belanja di sini bisa nawar.
6. Istiklal Caddessi
Istiklal Caddesi
Salah satu tempat paling terkenal di Istanbul. Pada hari-hari tertentu, hampir tiga juta
orang datang ke sini.
Ini merupakan jalan sepanjang 3 km dengan kiri kanan bangunan rumah, toko-toko mulai makanan, toko musik, pakaian, kafe, sinema, theater, dan lain-lainnya.
Buat yang doyan makan dan belanja, silakan datang ke sini.
7. Selat Bosphorus
Selat Bosphorus
Naik kapal pesiar atau feri menengah menyusuri Bosphorus, menikmati pemandangan gedung-gedung tua dan bangunan modern yang tumbuh di kiri kanannya, menjadi sensasi tersendiri saat datang ke sini.
Cukup 10 dolar AS kita sudah bisa keliling dimanjakan kapal feri. Buat pasangan muda, pilihan bulan madu ke Istanbul tentu menjadi sangat tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar