Selasa, 14 Desember 2010

GUNUNG “DALAM AL-QUR’AN DAN PENGETAHUAN ILMIAH”


Al Quran telah menyampaikan fungsi gunung ratusan tahun yang lalu dan baru bisa dibuktikan oleh Geologi Modern dalam tahun-tahun ini. Ayat yang menyampaikan fungsi gunung adalah
“Dan telah Kami jadikan di bumi ini gunung-gunung yang kokoh supaya bumi itu (tidak) goncang bersama mereka…” (Al Qur’an, 21:31)
dan
“Bukankah Kami telah menjadikan bumi itu sebagai hamparan?, dan gunung-gunung sebagai pasak?” (Al Qur’an, 78:6-7)
Dari kedua ayat di atas dapat disimpulkan bahwa gunung berfungsi sebagai pasak di bumi supaya bumi itu tidak bergoncang. Sebagaimana kita tahu bahwa bumi ini tersusun atas banyak lempeng yang saling berhimpitan, sehingga supaya satu lempeng dengan yang lain dapat bergandengan maka dibutuhkan pasak untuk mengikatkannya.
Fakta di atas diungkap oleh ilmuwan-ilmuwan terkenal sbb :
Pada bagian benua yang lebih tebal, seperti pada jajaran pegunungan, kerak bumi akan terbenam lebih dalam ke dalam lapisan magma. (General Science, Carolyn Sheets, Robert Gardner, Samuel F. Howe; Allyn and Bacon Inc. Newton, Massachusetts, 1985, s. 305)

dan
Isostasi: kesetimbangan dalam kerak bumi yang terjaga oleh aliran materi bebatuan di bawah permukaan akibat tekanan gravitasi. (Webster’s New Twentieth Century Dictionary, 2. edition “Isostasy”, New York, s. 975)

Kenyataan tersebut membuktikan bahwa Al Quran sejalan dengan ilmu pengetahuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar